Konstruksi Kecantikan dalam Akun Instagram @ugmcantik


Rino Andreas
December 18, 2019

Abstract

Konsep kecantikan perempuan selalu menjadi pembicaraan dan trend tersendiri dalam masyarakat. Kecantikan perempuan yang sangat beragam tidak terbatas pada kecantikan wajah, tetapi juga kecantikan warna kulit, tubuh, rambut dan yang lainnya. Perbedaan pemaknaan setiap orang terhadap konsep cantik, mengakibatkan munculnya berbagai kajian-kajian budaya dan media di ranah akademis. Berbagai pandangan itu adalah dampak dari dinamika kehidupan yang terus berubah dan berkembang dalam masyarakat. Seiring pesatnya perkembangan teknologi digital, konsep kecantikan perempuan diproduksi dan direproduksi melalui media baru seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram yang menampilkan berbagai citra atau image perempuan yang dianggap cantik. Di Indoneisa Instagram terus mengalami kenaikan jurmlah pengguna setiap tahunnya dengan menempati posisi 4 besar di dunia. Tahun 2018 pengguna instragram di Indonesia mencapai 53 juta sedangkan ditahun 2019 meningkat menjadi 56 juta pengguna (www.liputan6.com). Media baru ini memungkinkan penggunanya untuk mengunggah foto yang dianggapnya ideal dengan difasilitasi fitur editing sehinga dapat mengaktualisasikan diri.

Download PDF Cite


Related Journals

Penyesalan Keputusan Konsumen Berdasarkan Faktor Rekomendasi Dan Kredibilitas Informasi

Faktor Risiko Diare Akut pada Balita

Unsur-unsur Kefilsafatan dalam Buku "Butir-butir Budaya Jawa"


More

Search Research and Publications

CARI TULISAN is a scientific publication indexing site that helps everyone find research results and relevant data from papers, journals, books, research reports, and so on. Collected from various repositories, it makes scattered scientific research easily searchable.
All articles and content on this site are copyrighted works of the relevant authors that have been published as a result of scientific research. CARI TULISAN never distributes and supports pirated content.